Kecepatan dan besar Black Hole



DUNIA WOLF - Kecepatan putaran black hole

putaran di lubang hitam di tengah galaksi ada batasnya. Jadi tidak berputar sampai tanpa batas kecepatan. Salah satu yang diteliti dari jantung galaksi NGC 1365, putaran lubang hitam disana mencapai 84% dari kecepatan cahaya. Dan batas tersebut sudah mencapai ambang batas kecepatan kosmik, tidak akan berputar lebih cepat lagi.

Tapi ukuran black hole yang besar akan membentuk putaran sangat cepat. Contoh inti galaksi Milky Way memiliki putaran 1.150 x perdetik (berdasarkan teori). Yang memplublikasikan berita diatas sampai menyebutkan. Penemuan di dunia astronomi terkadang membuat gila pembacanya. Walau astronomi menceritakan apa adanya. Bayangkan saja sebuah benda sangat besar mampu berputar mendekati kecepatan cahaya.

Apakah Black Hole atau Lubang Hitam akan terus membesar?
Black Hole tidak akan melebihi ukuran 50 miliar dari massa matahari. Setelah mencapai massa sebesar itu,, ukuran lubang hitam akan berhenti setelah kehilangan satu satunya sumber makanan untuk tumbuh.

Ukuran Black Hole akan terhenti pada berat tertentu, kata peneliti universitas Leicester. Setelah melihat gas di putaran black hole yang mengelilingi black hole dalam bentuk cakram menjaditidak stabil.  Artinya lubang hitam memiliki massa maksimal kata Andrew King. Lubang hitam akan berhenti tumbuh ketika setelah kehabisan gas untuk di lahap.
Apakah lubang hitam akan berhenti tumbuh, tidak juga. Bila lubang hitam bertemu  dengan lubang hitam lain seperti terjadinya tabrakan antara 2 galaksi. Lubang hitam dari masing masing galaksi bisa bertemu dan bergabung menjadi lubang hitam lebih besar lagi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment